Ads 468x60px

Antara komputer PC dengan Laptop

Saat dihadapkan pada kebutuhan untuk membeli komputer, mana yang akan anda pilih, komputer desktop apa laptop?? Beberapa pertimbangan di bawah ini mungkin bisa membantu anda untuk memilih antara komputer desktop (PC) atau laptop.

  • HARGA: saat ini, untuk spek yang sama harga PC dengan laptop tidak terpaut jauh, sehingga mungkin faktor harga menjadi kurang signifikan, walaupun tentu saja tetap menjadi bahan pertimbangan.
  •  KEPRAKTISAN: dalam hal ini, tentu saja laptop jauh lebih praktis daripada PC. selain mudah dibawa-bawa, laptop memakan tempat yang jauh lebih sedikit daripada PC (bahkan kalaupun menggunakan LCD monitor). Belum lagi segala macam periferal yang mungkin harus anda tambahkan apabila menggunakan PC (bluetooth, card reader, wifi card, webcam dll) yang akan membuat PC anda semakin semrawut.
  • DAYA LISTRIK: nah ini juga faktor yang perlu dipertimbangkan untuk memilih komputer. PC standar saat ini (dengan monitor LCD/LED) butuh daya sekitar 200W-300W sementara laptop standar butuh daya hanya sekitar 60W. Ini tentu signifikan bagi anda yang MCBnya sering jeglek atau anak kos yang jatah dayanya sangat terbatas. Juga bagi anda yang menggunakan komputer dalam durasi lama, selisih biaya pemakaian listrik per bulan yang harus anda bayarkan bisa sangat signifikan lho....
  •  PERFORMA: dalam hal ini, tentu saja PC lebih gahar daripada laptop (untuk spek prosesor/clockspeed yang setara). Terlebih kalau kebutuhan anda menuntut performa yang mumpuni (gamers, desainer grafis, video editor dll).
  • FLEKSIBILITAS: untuk hal yang satu ini PC juga mengungguli laptop. Seiring dengan perkembangan kebutuhan anda, dengan mudah anda bisa menambah memory, VGA card, sound card bahkan prosesor PC anda, anda juga dengan mudah berganti monitor yang lebih besar. Pada laptop, hal ini seringkali berarti anda harus ganti laptop baru
  • DAYA TAHAN : PC dan laptop mempunyai musuh yang sama, yaitu PANAS. Semua akan baik-baik saja selama anda bisa menjaga komputer anda tetap dingin/mendapat ventilasi yang cukup. Tentu dengan segala keterbatasan desainnya, laptop harus kita perlakukan dengan lebih hati-hati daripada PC. Apalagi untuk geber-geberan, tentu PC jauh lebih tahan dibanding laptop
  •  KEAMANAN DATA: ehmmm bukan hal yang muluk-muluk lho, maksud saya laptop mempunyai batere sehingga ada waktu bagi anda untuk men-save pekerjaan anda apabila listrik mati. Untuk mendapatkan kemampuan yang sama pada PC berarti anda harus beli UPS, yang harganya lumayan uhk...uhk... Selain itu beberapa sudah dilengkapi fingerprint sensor, deteksi wajah dll bila memang anda butuh security tingkat tinggi untuk data-data anda... (tapi ingat, karena mobilitasnya laptop juga lebih rawan hilang lho daripada PC, wakakakakak...... )
  •  SPARE-PART: tetap, secara umum spare-part laptop lebih mahal daripada PC, tapi untuk saat ini selisihnya sudah tidak seperti bumi dan langit, paling hanya seperti lantai dasar ke lantai 1 ha..ha..ha.... SATU HAL LAGI: untuk untuk mendapatkan PC yang bagus, semua komponen juga harus bagus. Seringkali ketika kita memutuskan untuk membeli PC pertimbangan kita semata hanya pada prosesor, ukuran RAM, HDD, tanpa memperhitungkan kualitas motherboard dan power supply  yang dipakai (terutama bila membeli PC rakitan). Padahal 2 komponen tersebut adalah jantung bagi PC anda.
FINALLY, saran saya: kalau anda membutuhkan performa tinggi belilah PC. Tentu dengan memilih komponen-komponen yang berkualitas baik, supaya anda tidak menyesal. Membiarkan PC berspek gaming anda menggunakan power supply abal-abal/bawaan casing standar bagaikan memasang ban vulkanisiran di Ferrari. Untuk penggunaan ringan keseharian (olah dokumen, browsing, editing foto yang ringan-ringan aja) akan lebih baik kalau anda memilih laptop.

Thanks....