Ads 468x60px

Tips COD aman

Bagi pecinta belanja online, COD tentunya menjadi istilah yang tidak asing lagi. Seringkali COD dipandang sebagai cara bertransaksi yang paling aman, karena penjual dan pembeli langsung bertemu. Tetapi ternyata tetap saja ada peluang hal-hal yang tidak kita inginkan terjadi, sehingga kita tetap perlu menjaga kewaspadaan saat ber COD. Di bawah ini beberapa tips untuk ber COD yang aman.
COD (cash on delivery) sebetulnya adalah istilah yang pengertiannya kurang lebih barang dikirim ke pembeli, dan pembeli membayar saat menerima barang. Akan tetapi dalam dunia belanja online di Indonesia (setidaknya berdasarkan pengalaman penulis), istilah COD ini melebar menjadi bentuk transaksi dimana pembeli dan penjual bertemu langsung, entah itu di rumah pembeli, penjual maupun di tempat lain yang disepakati.

Pertimbangkan point-point berikut ini agar COD aman dan lancar:
1. Usahakan harga sudah disepakati sebelum COD. Saat COD pembeli tinggal mengecek kondisi barang. Hal ini penting agar COD lancar dan efisien. 

2. Siapkan perangkat yang dibutuhkan untuk mengecek barang: terutama buat pembeli, misalkan mau membeli laptop, perlu disiapkan program-program untuk mengecek komponen laptop misalkan HDD, webcam, keyboard. Siapkan juga CD/DVD untuk mengetes kinerja optical drive, HP yang ada bluetooth untuk mengecek fungsi bluetooth dsb. Jangan sampai karena kurang persiapan akhirnya kita tidak bisa tuntas mengecek barang yang kita taksir sehingga kita terpaksa hanya bersandar pada klaim si penjual, bisa-bisa berujung pada kekecewaan.

3. Memilih tempat: pilihlah tempat COD yang nyaman, memberi peluang untuk mengecek barang yang hendak kita beli dengan leluasa dan sedapat mungkin ada fasilitas untuk mendukung pengecekan yang kita lakukan. (misalnya bila kita hendak membeli laptop, alangkah baiknya kalau tempat COD menyediakan fasilitas hotspot dan outlet listrik).
Beberapa tips memilih tempat:
- Tempat terbaik sebetulnya adalah di rumah si penjual.
- Bila tidak memungkinkan di tempat penjual maupun pembeli, carilah tempat publik yang cukup ramai tapi tetap memberi privasi. Mall, cafe, gerai resto cepat saji adalah beberapa tempat yang cukup ideal.
- Hindari bertemu di tempat yang sepi atau di daerah yang belum dikenal.

4. Memilih waktu: Seringkali pelaku COD terkendala waktu karena kesibukan kerja, dll. Apapun itu, hindari berCOD di waktu yang tidak lazim untuk bertemu orang, misalkan larut malam/dini hari.

5. Sepakati cara pembayaran terlebih dahulu. Saya tidak menyarankan pembeli untuk benar-benar membawa uang cash saat COD, apalagi kalau nilai transaksi cukup besar. Oleh karena itu perlu disepakati cara pembayaran apabila nantinya benar-benar deal. Bila transfer ATM pastikan ada ATM di lokasi COD. Bila lewat m-banking pastikan penjual mempunyai rekening bank yang sama dengan pembeli, etc.

6. Tepat waktu: Menunggu adalah pekerjaan paling membosankan. Oleh karena itu seharusnya kedua belah pihak sama-sama tepat waktu sesuai kesepakatan. Terutama untuk penjual, sebaiknya datang lebih awal dari kesepakatan sehingga calon pembeli tidak bad mood duluan. Apabila terpaksa membatalkan janji, sebaiknya beritahu seawal mungkin sehingga pihak lain bisa mengatur ulang jadwalnya. Akan sangat mengecewakan apabila satu pihak membatalkan janji ketika pihak lain tengah dalam perjalanan menuju tempat COD.

Tips terakhir, bawalah teman. Akan lebih aman kalau anda tidak sendirian ketika bertemu orang asing.


Happy shopping...........