Ads 468x60px

Apa itu garansi resmi, garansi distributor, dan barang black market

Saat membeli laptop baru, satu hal yang menjadi pertimbangan kita adalah GARANSI. Saat ini ada bermacam-macam jenis garansi yang ditawarkan oleh toko/penjual. Ada istilah garansi resmi, garansi distributor, garansi toko, barang BM, dsb yang mungkin membuat kita bingung bin pusink. Artikel di bawah ini semoga bisa membantu anda dalam mengambil keputusan, terutama mengenai garansi.

GARANSI RESMI:
Garansi resmi adalah garansi untuk laptop yang diedarkan oleh distributor pemegang merk, yang memang ditunjuk (diberi hak) oleh pabrikan laptop untuk mengedarkan laptop di wilayah tertentu (Indonesia). Masing-masing merk juga mempunyai distributor tersendiri,  antara lain sebagai berikut :
- ACER           : DRAGON, PAZIA, INOVASI
- ASUS           : DATASCRIPT, ASTRINDO, METRODATA
- HP              : ECS, METRODATA, TIXPRO
- LENOVO      : ECS, METRODATA, VISILAND
- TOSHIBA      : ANEKA TECHKING INFOKOM, TIXPRO
- SONY          : MASTERDATA

Keunggulan garansi resmi:
-  Jaminan langsung dari pabrikan dan jaringan luas
-  Jaminan berlaku di seluruh Service Center (SC) resmi, tanpa melihat distributornya siapa.
- Garansi (tergantung kebijakan pabrikan) bisa berlaku global. Ini sangat berguna bagi anda yang sering bepergian ke luar negeri.

Kekurangan garansi resmi:
Setidaknya di Indonesia (menurut pengalaman kami) seringkali proses klaim garansi sangat lama, dengan alasan menunggu spare-part dari pusat, dsb.
Satu SC umumnya hanya menerima satu merk, sehingga bila kebetulan anda punya berbagai merk laptop dan kebetulan pula (duh... sial banget ya...) rusak bersamaan anda harus keliling dari satu SC ke SC yang lain, ribetnya......

GARANSI DISTRIBUTOR:
Garansi distributor dikeluarkan oleh distributor independen (tidak ditunjuk secara resmi oleh pabrikan laptop). Mereka biasanya mengambil laptop dari jatah pasar negara lain dan dimasukkan ke Indonesia. Maka kadangkala laptop dengan merk/type yang sama dari mereka mempunyai spek yang sedikit berbeda dibanding dengan keluaran distributor resmi. Distributor ini mempunyai jaringan SC tersendiri, dan garansi mereka tidak diakui oleh SC resmi. Jadi anda tidak bisa mengklaim garansi ke SC resmi dan sebaliknya.
BEDANYA dengan distributor resmi: Umumnya satu distributor memengang lebih satu merk, sehingga kita bisa membawa bermacam-macam merk laptop ke satu SC.

Dari sisi barang, umumnya barang dari distributor independen ini berkualitas sama dengan barang garansi resmi.

Distributor independen seperti ini berbeda dengan BM (black Market) karena mereka beroperasi secara legal, mempunyai ijin dari pemerintah, membayar pajak/cukai dan oleh karenanya juga mempunyai kewajiban untuk mendirikan SC.

Keunggulan garansi Distributor:
-Berdasarkan pengalaman kami, klaim garansi relatif lebih cepat dan dengan prosedur yang lebih sederhana dibandingkan SC resmi.

Kelemahan garansi distributor:
- jaringan SC umumnya masih terbatas
- Apakah garansi berlaku global?? (ini yang kami belum tahu)

Distributor yang terpercaya di Indonesia dengan layanan/jaminan garansi yang baik diantaranya adalah SSSC (Sinar Samudra), DSSC (Data System) dan AEDUPAC

BARANG BLACK MARKET:
Barang BM adalah barang yang masuk ke Indonesia secara illegal (barang selundupan), hand carry dsb. Nah, karena illegal tentu tidak ada quality control yang memadai. Bisa jadi barang yang anda dapatkan memang barang baru, barang refurbish (barang cacat yang direpair lagi oleh pabrikan), barang bekas, atau malah barang servisan yang kemudian dikemas seolah-olah baru.

Untuk garansi tentunya sangat tergantung kepada si penjual, karena umumnya barang BM ini dijual oleh individu/toko yang tidak mempunyai service center. Ada yang menjual barang BM ini tanpa garansi sama sekali, garansi cuma beberapa hari/1 minggu, ada pula yang berani menggaransi sesuai lamanya garansi resmi (misalnya 1 th), nah garansi jenis ini yang disebut garansi toko. Tentu kualitas servisnya juga sangat beragam. Mungkin ada toko BM yang memberi layanan yang baik, tapi ada juga toko yang berbelit/berusaha menghindar apabila ada klaim garansi.

Untuk pembelian secara online tentu sangat tidak disarankan untuk membeli barang BM/Garansi toko karena boleh dibilang sama aja anda membeli tanpa garansi. Kecuali kalau memang anda seorang risk taker/harga yang anda dapatkan setara dengan harga sekennya. 

Happy Shopping ...... :-)

thanks
FATHUNA