Ads 468x60px

Kumpulan link tentang modus-modus penipuan online

Tak dipungkiri, belanja online itu jauh lebih mudah daripada belanja offline. Tinggal lihat-lihat iklan, kontak-kontak penjual, deal deh. Gak perlu keluar rumah barang datang sendiri. Tidak heran kalau nilai transaksi online di Indonesia meningkat pesat akhir-akhir ini.



Sayang sekali, kemudahan berbelanja tadi juga dihantui maraknya penipuan online. Hampir di semua situs jual-beli/iklan gratis selalu ada iklan penipuan online. Bahkan sekarang banyak sekali penipu yang "bermodal", mau bersusahpayah bikin blog/website dengan desain yang terlihat meyakinkan. Bagi yang sudah terbiasa online mungkin bisa dengan cepat menganalisa mana iklan/situs yang benar-benar jualan online mana yang abal-abal, tapi bagi yang masih baru di dunia online tentu tidak semudah itu. Apalagi kalau iklannya di situs yang sudah besar (misal: ber***ga.c*m atau o**.co.id) karena seringkali pengunjung sudah terlanjur percaya dengan nama besar situsnya, tidak menyadari bahwa pengiklan disana adalah individu-individu yang tidak terkait langsung dengan pemilik situs. 

Di bawah ini beberapa link yang berisi kronologi/modus penipuan, sebagian besar adalah kisah nyata penulisnya. Semoga bisa menjadi pembelajaran bagi kita semua. Link ini sebagian besar saya ambil dari kaskus.co.id karena saya kaskuser juga. Sengaja hanya saya cantumkan linknya dan bukan copy paste artikelnya untuk menghormati hak cipta penulisnya.

1. Penipuan oleh LAPAK CELLULAR
2. Penipuan lowongan kerja via Facebook
3. Kumpulan penipuan bermodus investasi
4. Penipuan lewat telepon
5. Penipuan oleh anak kecil
6. Penipuan lagi
7. Penipuan dg modus barang dikirim dulu : ada beberapa modus penipuan yang seperti ini gan untuk meyakinkan pembeli. Bahkan ada yang benar-benar kirim barang, hanya saja barangnya jauh beda dengan yang diorder
8. Kumpulan modus penipuan
9. Penipuan dengan KTP palsu
10. Penipuan dengan menggunakan KTP orang lain
11. Penipuan modus lama, pembeli trasfer duluan
12. Penipu menggunakan identitas korban untuk menipu lagi : Bahaya ini gan, hati-hati
13. Penipu trasfer uang, minta transfer balik
14. Penipuan modus lama
15. Penipuan dokter gadungan
16. Penipuan

Segitu aja dulu ya.... capek juga nulisnya he...he...he....
Satu hal: penipu juga tidak bodoh gan, mereka selalu memperbarui modus-modusnya sehingga semakin meyakinkan, walaupun tetap saja banyak penipuan dengan modus lama. Saya bahkan pernah membaca suatu kisah penipuan yang alurnya rumit banget ckckckck.... intinya WASPADALAH!

Kalau mau baca-baca modus penipuan yang lain, atau mengecek penipu-penipu online yang sudah masuk blacklist, atau melaporkan kaskus penipuan, agan bisa berkunjung ke :
stoppenipuan.net